Minggu, 25 Oktober 2009

Cara Mengatasi virus Lokal bila terinfeksi virus dan pemicu virus boot.exe, recycler, recycle bin, *.scr (screensaver), microsoftword.exe, dll.

Ok kita langsung saja, Berikut salah satu langkah pencegahan dan penanganan sederhana virus-virus diatas:
Langkah awal, memunculkan file terhidden beserta ekstensinya
Identifikasi terlebih dahulu keberadaan virus dengan memunculkan file yang terhidden:

Buka windows eksplorer => menutools => folder options => tab view (1) Munculkan semua file dengan memilih options “show hidden files and folders” (2) Munculkan ekstensi file dengan menghilangkan check “hide file extensions for know all types” (3) Kalau dirasa perlu munculkan juga file system yang terhidden dengan menghilangkan check “Hide protected operating system files (Recomended)”.

Boot.exe_

1. Keberadaan virus ini bisa anda ketahui dalam driver, lewat file yang bernama “boot.exe” tanpa icon, dengan file pemicu “autorun.inf” dan file induk “*.bat” (jika ada), target virus ini biasanya adalah file aplikasi (*.exe) dalam drive aktif, seperti halnya flashdisk.

Jika file aplikasi anda bermasalah, pastikan didrive anda terdapat virus boot.exe atau file anda telah terinfeksi virus ini.

Photobucket

2. Hapus kedua file (boot.exe dan autorun.inf), hapus juga file asing dengan nama asing yang tidak anda kenal dengan ekstensi “*.bat” yang kemungkinan ada dalam driver anda (hapus file *.bat yang sudah benar-benar anda ketahui itu adalah file asing bukan file sistem).

3. Buat dua folder baru dalam drive terluar dengan nama “Autorun.inf” dan “Boot.exe” dengan cara Klik kanan => New => Folder.

Photobucket

4. Beri beberapa file baru berkapasitas ringan (terserah anda) dalam folder Autorun.inf dan Boot.exe; misal saya beri file txt dengan nama “@&u12.txt” dan “Id#b2.txt” dengan hasil.

Photobucket

5. Rubah attribut kedua folder ini (Autorun.inf dan boot.exe) menjadi hidden dan ready-only, hal ini digunakan untuk mencegah kembali masuknya file virus boot.exe dan file sistem autorun.inf dalam drive.

Recycler & Recycle Bin

1. Lakukan langkah awal untuk memunculkan hidden files dan ekstensinya.

Tampilan Recycler dan Recycle Bin dalam flashdisk.

Photobucket

2. Identifikasi keberadaan folder-folder ini hanya di drive terluar (root paling atas).

3. Hapus folder Recycler dan Recycle Bin dalam drive.

4. Buat dua folder baru dalam drive terluar dengan nama “Recycler” dan “Recycle Bin”, isi dengan sembarang file didalamnya.

Photobucket

5. Ubah attribut ke hidden dan ready-only, hal ini untuk mengantisipasi masuknya folder information Recycler dan Recyle Bin kedalam drive.

*.scr (screensaver)

Virus ini tidak pasti keberadaan induknya, sesuai cara kerjanya, dengan mengkopi nama folder kemudian menghidden folder asli dan aktif menyerupai folder tersebut, secara otomatis dia sudah menjadi file pemicu, identifikasi sangat mudah dilakukan.

1. Jika hidden files komputer masih aktif, dan anda menjumpai icon folder yang terasa aneh jangan langsung membuka folder anda, icon folder yang mencolok jelas, serta munculnya size folder dengan ukuran yang sama setiap foldernya, serta type folder adalah “screensaver”, pastikan identifikasi awal anda itu adalah virus screensaver.

Photobucket

Caranya, lakukan langkah awal untuk memunculkan hidden files komputer, sehingga folder mana yang asli atau virus bisa anda ketahui, sekaligus ekstensinya.

Photobucket

2. Lakukan pencarian dengan search engine komputer: Start menu => search/find => Isi file yang akan dicari dengan ekstensi scr (*.scr) pada seluruh drive komputer, jika dirasa perlu.

Photobucket

3. Identifikasi lagi file-file hasil pencarian dengan memastikan file-file tersebut adalah file virus screensaver dengan cara no.1, hapus seluruh file jika anda sudah yakin file tersebut adalah virus, jangan hapus file yang bukan virus.

Photobucket

4. Munculkan folder-folder asli yang dihidden oleh virus (pencarian dan perubahan attribut dilakukan secara manual).

5. Pencegahan dilakukan dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda virus seperti contoh diatas sebelum menjalankan atau membuka folder yang bersangkutan.

6. Ulangi pencarian virus jika dirasa masih perlu.

Microsoftword.exe

Virus word.exe (saya menyebutnya), adalah virus yang menyerang file dokumen yang berekstensi (*.doc; *.docx), cara kerjanya hampir sama dengan virus scr, yakni menggandakan diri dengan menyerupai file dokumen tersebut, kemudian menyembunyikan file dokumen yang asli.

File virus ini akan terus berkembang jika virus tersebut dijalankan (dibuka), untuk itu anda perlu hati-hati terhadap file-file dokumen penting anda.

Cara mengidentifikasi virus sangatlah mudah.

1. Identifikasi bisa anda lakukan dengan melihat icon file dokumen yang terlihat aneh dan tidak seperti biasanya, ukuran seluruh file dokumen sama (dan tidak sampai pada ukuran 1 mb), type file berubah menjadi Application.

Photobucket

Lakukan langkah awal untuk memunculkan hidden files komputer, sehingga dokumen mana yang asli atau virus bisa anda ketahui, sekaligus ekstensinya.

Photobucket

2. Lakukan pencarian dengan search engine komputer: Start menu => search/find => Cari pada drive yang berisi dokumen yang terinfeksi virus, dengan mengisi file yang akan dicari dengan ekstensi exe (*.exe), cari diseluruh drive komputer jika dirasa perlu.

Photobucket

3. Identifikasi lagi file-file hasil pencarian dengan memastikan file-file tersebut adalah file virus word.exe dengan cara no.1, hapus seluruh file jika anda sudah yakin file tersebut adalah virus, biarkan file aplikasi lain yang anda rasa file tersebut bukan virus.

Photobucket

4. Munculkan file-file dokumen asli yang dihidden oleh virus (pencarian dan perubahan attribut dilakukan secara manual).

5. Pencegahan dilakukan dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda virus seperti contoh diatas sebelum menjalankan atau membuka aplikasi dokumen yang bersangkutan.

6. Ulangi pencarian virus jika dirasa masih perlu.

Banyak virus-virus lain yang masih berkeliaran yang mudah anda identifikasi, tangani dan cegah dengan cara anda sendiri, tentunya perlu memunculkan sifat kreatif dari dalam diri anda untuk menanganinya.
Demikian informasi yang bisa w sharing. semoga bermanfaat tuk teman-teman semua.
good luck...!!

18 komentar:

RAJA FRESH mengatakan...

oh gitu ya, pantas saya punya file di flasdisk gak muncul tuh, padahal kapasitas disknya hampir full, makasih ya

Denies mengatakan...

sama-sama sob moga bermanfaat good luck...!!!

Rihar Diana(dhana) mengatakan...

salam sahabat
ehm..gitu ya...mantab dan bermanfaat trims ya..good luck

intermezo mengatakan...

ini yang aku cari... ma kasih ya sob... :)

tatan mengatakan...

wah aku takut hang komputer-nya kalo hapus2 gitu, maklum blom begitu ngerti sistem-nya, annti salah2 sistem yang ke hapus. ada gak antivirus yang paten, sekarang aku pake avg9.0. mohon petunjuknya

herman mengatakan...

artikelnya sangat membantu sobat, terimakasih

letsroll mengatakan...

wah keren artikelnya...
terusin ya sob.. !!!

sda mengatakan...

thanks yah, sangat bermanfaat artikelnya.

narti mengatakan...

harus baca pelan2 nih, maklum....
TFS friend.

ekosulistio mengatakan...

aku dulu pernah kayakgt sob...skrkng udah hilang pake kaspersky...

Seri Bahasa mengatakan...

baru faham ni kerana flash disk memang selalu bermasalah. tapi seri sudah siap sedia dengan memasang autorun eater.

R O H A Y A T I mengatakan...

morning hoping for a visit or follow links from this great blog. world of online friendship began intertwined. I hope today is a happy day ... after reading the content above all I am impressed with the content of this blog. ok success always for you

nada mengatakan...

info yg keren sob
keep sharng ya

Andrew Hiroshi mengatakan...

mantab... thx infonya..

Kulanz Salleh mengatakan...

Info yang bagus.. saya selalu mengalami masalah ini.. nanti akan dicuba

Evan Ed Scence mengatakan...

Langsung aku coba sob..
Boleh banget nih info buat yg awam bgt masalah ginian

Trims sudah berbagi ilmu
Teruskan kawan!!

Zilah mengatakan...

terima kasih..
nti aku kasih tau suamiku aja..
yg ngerti soal komputer mah suami..
klo saya tinggal pake aja ^_^

ariz mengatakan...

oke artikelnya..

Posting Komentar

Silakan isi coment dibawah ini sesuai dengan selera hati anda,,,^.^