Rabu, 25 Februari 2009

Ngatasi file kena virus

Banyaknya jenis dan varian virus lokal yang menyerang pengguna OS windows cukup membuat para pengguna komputer frustasi… termasuk w hikz… kalo w sih korban virus luar, namanya Win32/Viruut (yang ini luar negeri ato domestik sih…?) yang menginfeksi file aplikasi *.exe. Disini w tidak akan membahas kisah sedih w kena viruut tapi sesuai judul, w cuma mau berbagi tips untuk mengatasi virus lokal yang menyembunyikan data-data pengguna atau sering disebut super hidden. File yang beratribut super hidden tidak akan tampak meski option show hidden file telah diaktifkan melalui folder options.

Bahkan melalui command prompt pun tak terlihat. Pengguna awam mungkin mengira filenya telah dihapus oleh virus, padahal filenya masih ada namun beratribut super hidden oleh virus. Pengguna awam yang ‘nekat’ (seperti w…hikz) mungkin akan mengambil tindakan format ulang drive/partisi yang terserang virus tanpa melihat propertiesnya terlebih dahulu, bahaya kan?
Awalnya w bingung, gimana cara mengembalikan atributnya yaw? Karena melihat properties drive yang diserang, terlihat bahwa data-datanya masih ada. Bahkan saat antivirus melakukan scanning, file beratribut super hidden tersebut ada. Pada suatu ketika w ke rental komputer dikampus nerjain tugas ngedadak bgt coz w sering gmasuk he... dan mas2 yang jaga rentalan bilang, lihat aja pake ACDsee. Sampai rumah, w explore drive yang diserang dengan ACDsee, hasilnya? Terlihat!! truz balikinnya gimana? Gampang, ubah saja properties file dengan menghilangkan tanda pada atribut ‘hide’ di ACDsee. Kalo gak punya ACDsee gimana? Gak masalah, ada cara lain. W sendiri pake ACDsee versi 8 dengan atribut b*j*k*n, hehehe… maklum anak kuliahan gak punya duit buat beli lisensi. Cara lainya tadi gimana? Gampang, pake command prompt alias DOS. Jangan parno gitu donk,,, comand promptnya gak sulit kok. Oke langsung saja…
Buka command prompt di Start>All Programs>accessories>Command Prompt atau bisa juga Run> ketik CMD. Disini akan menggunakan perintah ‘attrib’, untuk mengetahui cara penggunaannya ketik perintah :
Help attrib
Akan muncul cara-cara penggunaan perintah tersebut, sebagai contoh, misal drive yang filenya super hidden adalah F:/ , buka command prompt dan ketikan perintah :
F:
Perintah ini untuk berpindah drive ke F:, untuk cek terlebih dahulu keberadaan file dengan perintah :
dir
Perintah dir berfungsi untuk melihat isi direktori atau drive tertentu. Untuk mengembalikan file yang di super hidden, gunakan perintah ini :
attrib -s -h *.*
Perintah attrib berarti atribut. Sedangkan parameter -s yang diawalai tanada minus(-) yang berarti mengurangi atau menghilangkan sebuah attribut, kebalikanya adalah +s yang berarti menambah sebuah atribut dalam file. Huruf s pada parameter perintah berarti atribut untuk sistem file. Sedangkan huruf h, berarti ‘hide’, -h berarti menghilangkan atribut ‘hide’. Parameter *.* berarti perintah yang telah diketik ditujukan untuk semua file/direktori dengan berbagai extension. Jika hanya sebuah file saja yang ingin dihilangkan super hidden-nya, misal file tersebut bernaman dokumen.doc, untuk menghilangkan super hiden pada file dokumen.doc, gunakan perintah :
attrib -s -h dokumen.doc
Setelah itu, cek keberadaan file dengan perintah dir, terlihat kan sekarang filenya? Kalo mau bikin file super hidden gimana?? Gunakan perintah ini :
attrib +s +h *.*
Perintah diatas ditujukan untuk semua file, jika hanya satu file atau satu direktori dapat menggunakan perintah attrib +s +h namafile/direktori. Contoh :
attrib +s +h dokumen.doc
Perintah diatas berarti file yang bernama dokumen.doc telah beratribut super hidden dan tidak tampak di windows explorer meski option show hidden file telah diaktifkan. Sekian dulu dari w, jika lo memiliki pengalaman serupa, mari kita saling berbagi. Semoga bermanfaat. Udah dulu yaw… DAAAG!

4 komentar:

adeskana mengatakan...

virus memang bikin rese! mengancam data hilang dan sistem OS rusak/berfungsi tidak normal.
trims utk informasi ini. salam kenal.

Rihar Diana(dhana) mengatakan...

salam sahabat
ehm..postingnya bagus jadi nambah nich pemgetahuankunice blog dg tata letak yang tepat.oh iya dhana dah follow U thnxs...

Djarum Black mengatakan...

artikel yang menarik...dan sangat bagus untuk dipelajari

Rizky2009 mengatakan...

pertamax.. file q kane virus, g ada satupun anvir yang udah pernah t coba, g sanggup membasmi, mana file q penting bgt lagi, bingung aq sob

Posting Komentar

Silakan isi coment dibawah ini sesuai dengan selera hati anda,,,^.^